M2 MacBook Air vs M1 MacBook Air: apakah layak menghabiskan $200 lebih?

M1 MacBook Air vs M2 MacBook Air Sumber: Pocketnow

ISI
MENUTUP

Di WWDC 2022, Apple mengumumkan MacBook Air baru dengan chip M-series generasi kedua. Muncul dengan banyak peningkatan, baik dari segi desain maupun spesifikasi, dan telah dibandrol dengan harga menarik $1.199. Menariknya, Apple tidak menghentikan generasi lama MacBook Air 2020 dengan chip M1 dan terus menjualnya dengan harga $999.

Dengan hanya selisih $200 antara kedua model, apakah menghabiskan $1.199 untuk M2 MacBook Air baru sepadan? Kalau bingung mau beli yang mana, jangan cari di tempat lain. Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana dua model MacBook Air yang terjangkau berbeda satu sama lain dengan merinci spesifikasi perangkat kerasnya dan membantu Anda membuat keputusan.

VIDEO POCKETNOW HARI INI

Desain dan Tampilan

Untuk pertama kalinya sejak diperkenalkan, Apple MacBook Air telah menerima desain ulang yang besar. Desain terjepit lama sekarang hilang, dan MacBook Air baru terlihat lebih modern seperti model MacBook Pro 14 dan 16 inci 2021 dengan tepi datar dan desain yang lebih ramping. MacBook Air M2 cukup tipis, dengan ketebalan 11.3mm. Ini juga (sedikit) lebih ringan dari model lama, hanya 2,7 pon dibandingkan dengan 2,8 pon M1 MacBook Air.

MacBook Air M2 juga hadir dalam lebih banyak warna daripada model 2020. Sementara Apple tidak merilis varian warna seperti iMac yang kami tunggu-tunggu, M2 MacBook Air baru tersedia dalam empat warna, yaitu Silver, Space Grey, dan dua warna baru menggantikan versi emas sebelumnya — Starlight dan Midnight. Cahaya bintang adalah warna emas yang jauh lebih lembut, sedangkan Midnight hampir merupakan pilihan hitam-matte baru bagi mereka yang menginginkan warna Space Gray yang lebih gelap.


Pindah ke layar, M2 MacBook Air baru memiliki layar 13,6 inci yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan 13,3 inci pada model lama. Meskipun ukuran keseluruhan kedua laptop hampir sama, perbedaan utamanya adalah bahwa 2022 Air yang baru memiliki bezel layar yang jauh lebih ramping daripada generasi sebelumnya. Ya, ada lekukan di bagian atas, seperti MacBook Pro 2021, dan meskipun Anda mungkin tidak menyukainya, itu memberikan real estat layar ekstra.

Perlu juga dicatat bahwa tampilan pada M2 MacBook Air memiliki kecerahan puncak 500 nits, yang merupakan peningkatan 25% dibandingkan generasi terakhir. Berkat kecerahan puncak yang lebih tinggi, tampilan sekarang seharusnya lebih terlihat di luar ruangan. Baik model M1 dan M2 MacBook Air memiliki cakupan warna lebar P3 dan dukungan True Tone.

Prosesor

Chip Apple M2 vs M1 Sumber: Pocketnow

Salah satu perbedaan utama antara MacBook Air 2020 dan MacBook Air 2022 adalah chipset yang mereka tampilkan. MacBook Air baru menampilkan chipset M2 generasi kedua yang semuanya baru dari Apple. Apple mengklaim bahwa chip M-series generasi kedua jauh lebih bertenaga dan hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya. Meskipun kami belum menguji chipset baru dalam kehidupan nyata, Apple mengklaim bahwa chipset M2 baru menawarkan peningkatan kinerja CPU 18% dan peningkatan kinerja GPU hingga 35%.

Chipset M2 juga dilengkapi 20 miliar transistor — meningkat 25% dibandingkan M1 — menjanjikan kinerja AI dan ML yang lebih baik. Ada peningkatan dalam hal RAM dan bandwidth memori juga. Secara keseluruhan, MacBook Air M2 seharusnya mampu menangani tugas yang menuntut dan kompleks lebih baik daripada M1. Namun, kami belum menguji kinerja Apple M2, jadi pantau terus saluran YouTube Pocketnow untuk melihat bagaimana kinerja MacBook Air 2022 di kehidupan nyata.

Port dan Konektivitas

M2 MacBook Air 2022 Port Sumber: Apple

Baik M1 MacBook Air dan model M2 memiliki dua port Thunderbolt USB-C dan jack headphone 3,5mm. Perubahan terbesar di sini adalah kembalinya MagSafe. MacBook Air 2022 yang baru hadir dengan port MagSafe 3 baru untuk pengisian daya. Apple memperkenalkan kembali MagSafe 3 dengan seri MacBook Pro tahun lalu, dan sekarang telah diluncurkan ke MacBook Air.

Ada banyak manfaat dari pengisian daya MagSafe. Salah satu kemudahan yang dibawa MagSafe adalah Anda tidak perlu khawatir untuk mencolokkannya ke port USB-C. Alih-alih, konektor MagSafe akan sejajar sempurna saat didekatkan ke port.

Manfaat lain dari pengisi daya MagSafe adalah bahwa pengisi daya akan mati secara otomatis jika terjadi sentakan yang tidak disengaja, sedangkan pengisi daya dapat menyebabkan kerusakan port dalam kasus M1 MacBook Air, yang mengisi daya melalui port USB-C. MagSafe juga memungkinkan Anda menggunakan port USB-C tambahan yang tersedia saat Anda mengisi daya MacBook Air. Pada model yang lebih lama, satu port akan diperoleh oleh adaptor pengisi daya, dan Anda hanya akan menemukan satu slot yang tersedia untuk Anda sendiri.

Kamera dan Speaker

Panggilan video MacBook Air Sumber: Apple

Meskipun Anda mungkin tidak menyukai takik pada MacBook Air baru, ia memiliki kamera 1080p yang jauh lebih baik daripada model lama, yang hanya dilengkapi dengan webcam 720p. Kamera video full HD yang baru akan membuat Anda terlihat lebih baik selama panggilan video. Meskipun ada peningkatan kemampuan panggilan video di MacBook Air baru, output audio juga telah ditingkatkan.

MacBook Air M1 2020 dilengkapi dengan pengaturan speaker stereo. Di sisi lain, MacBook Air 2022 yang baru hadir dengan sistem suara empat speaker. Speaker pada M2 MacBook Air juga memiliki dukungan untuk Spatial Audio, sesuatu yang tidak dimiliki MacBook Air generasi lama. Selain itu, output audio jack 3.5mm pada M2 MacBook Air juga lebih baik berkat dukungan headphone impedansi tinggi.

Baterai

Ulasan Apple M1 MacBook Air 01

Apple mengklaim bahwa MacBook Air 2020 dengan chip M1 dan MacBook Air baru dengan chip M2 baru harus mampu menyediakan 15 jam penelusuran web dan 18 jam pemutaran video dengan sekali pengisian daya, meskipun model yang lebih baru memiliki fitur baterai LiPo 52,6 watt-jam yang sedikit lebih besar (model lama memiliki baterai 49,9-watt-jam). Meskipun demikian, kedua model harus memberikan daya tahan baterai yang sangat baik.

Dan oh, berkat penambahan MagSafe, M2 MacBook Air juga mendapatkan dukungan untuk pengisian cepat 67W saat digunakan dengan adaptor daya yang sesuai. Apple mengklaim bahwa M2 MacBook Air baru dapat mengisi daya dari 0-50% dalam 30 menit — fitur yang menyelamatkan jiwa bagi mereka yang lupa mengisi daya perangkat mereka.

Dakwaan

MacBook Air 2022 warna berbeda Sumber: Apple

Apple telah meningkatkan MacBook Air dengan segala cara yang memungkinkan. Baik itu desain, chip, kamera, suara, pengisian daya, port, dan lainnya; MacBook Air baru menawarkan banyak peningkatan dibandingkan generasi terakhir. Tetapi apakah layak menghabiskan $200 lebih banyak? Nah, ini adalah pertanyaan yang hanya Anda yang bisa menjawabnya. Jika Anda menginginkan fitur terbaru dan terbaik, MacBook Air M2 baru sangat cocok untuk Anda. Namun, tidak ada fitur inovatif yang disertakan dengan MacBook Air baru, dan jika Anda memiliki anggaran terbatas, model M1 akan menyelesaikan semuanya dengan lancar.


MacBook Air M2 2022

Didukung oleh M2

MacBook Air 13,6 inci

MacBook Air terbaru ditenagai oleh M2 Apple Silicon, menawarkan kinerja yang lebih baik daripada chip seri M1. Ini memiliki daya tahan baterai yang sangat baik, dan semua kinerja yang Anda butuhkan untuk multitasking, mengedit, dan bekerja saat bepergian.

PBI Apple M1 MacBook Air

Didukung oleh M1

Apple MacBook Air 13,3 inci

M1 MacBook Air adalah beberapa laptop Apple paling terjangkau yang sangat baik untuk tugas-tugas ringan, dan mereka bahkan dapat menangani beberapa pengeditan dan alat berat bila diperlukan.


M2 MacBook Air vs M1 MacBook Air: Perbandingan Spesifikasi

Kategori M2 MacBook Air M1 MacBook Air
Menampilkan 13,6 inci, 2560 x 1664, 500 nits 13,3 inci, 2560 x 1600, 400 nits
CPU M2, 8-inti M1, 8-inti
GPU 8/10 inti 7/8 inti
RAM 8/16/24 GB 8/16 GB
Penyimpanan internal 256GB, 512GB, 1TB, 2TB 256GB, 512GB, 1TB, 2TB
Pelabuhan Dua port Thunderbolt / USB 4, MagSafe, jack headphone 3,5 mm Dua port Thunderbolt / USB 4, jack headphone 3,5 mm, Tanpa MagSafe
Baterai 52.6Whr 49.9Whr
Konektivitas Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0 Wi-Fi 6, Bluetooth 5.0
Ukuran 11,97 x 8,46 x 0,44 inci 11,97 x 8,36 x 0,63 inci
Bobot 1,24 kg (2,7 pon) 1,29 kg (2,8 pon)
warna Perak, Abu-abu Luar Angkasa, Cahaya Bintang, Tengah Malam Perak, Abu-abu Luar Angkasa, Emas
Harga awal $1199 $999

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *