Headset Meta VR masa depan akan memiliki fitur baru yang menarik ini

Prototipe headset Meta VR
Prototipe Meta Holocake 2
Sumber: Pocketnow, Meta

Meta, perusahaan induk dari Facebook, Instagram, dan WhatsApp, menggelontorkan miliaran dolar untuk R&D untuk mengembangkan headset realitas virtual yang lebih canggih. Platform tersebut telah mengumumkan bahwa platform Metaverse-nya, yang disebut Horizon Worlds, telah mencapai lebih dari 300.000 pengguna, dan perusahaan baru saja memamerkan beberapa prototipe yang terlihat sangat menarik.

Mark Zuckerberg, CEO Meta, baru saja memamerkan beberapa prototipe dalam unggahan baru video facebook. Dalam video tersebut, Zuckerberg memamerkan beberapa prototipe, termasuk satu yang dijuluki “Butterscotch” (via GMW3). Prototipe ini terlihat seperti Oculus Rift yang dimodifikasi, dan dibuat untuk meningkatkan resolusi kualitas gambar. Ini memiliki 60 piksel per derajat, dan memungkinkan pengguna membaca “huruf terkecil pada grafik mata”, yang dengan sendirinya sudah terdengar mengesankan.

VIDEO POCKETNOW HARI INI
Prototipe Meta Butterscotch
Prototipe Meta Butterscotch
Sumber: Meta

Headset tidak dilengkapi dengan panel tampilan yang ditingkatkan; sebagai gantinya, tim telah mengecilkan bidang pandang menjadi sekitar setengah dari headset Meta Quest 2 dan mengembangkan lensa yang memungkinkan gambar muncul dalam resolusi yang lebih tinggi, meningkatkan keseluruhan pengalaman dan perasaan yang mendalam.

Setengah Kubah

Hal terpenting kedua dalam VR adalah kedalaman fokus. Headset “Half Dome” memungkinkan pengguna untuk fokus pada objek yang jauh dan yang terdekat dengan mudah. Ini menggunakan pelacakan mata dan optik varifokal untuk membuatnya tampak alami, yang memberikan rasa kedalaman yang lebih besar.

ledakan bintang

Prototipe Meta Starburst
Prototipe Meta Starburst
Sumber: Meta

“Starburst” adalah prototipe lain yang membawa dukungan untuk HDR ke dunia VR. Ini adalah perangkat pertama yang mendukung teknologi tersebut, meskipun perlu diingat bahwa ini masih berupa prototipe. Target Meta adalah mencapai kecerahan 10.000 nits, tetapi kecerahan tertinggi yang saat ini tersedia di TV modern hanya mencapai 2.000 nits. Meta Quest 2 juga maksimal hanya 100 nits.

Prototipe “Starburst” berisi lampu terang di belakang panel LCD, memungkinkan headset mencapai puncak pada 20.000 nits yang mengesankan. Seperti yang Anda harapkan, prototipe saat ini berukuran besar, dan kemungkinan menghasilkan banyak panas melihat kipas di atas, tetapi ini menunjukkan apa yang mungkin, dan apa yang akan datang.

Holocake 2

Prototipe Penelitian Meta Holocake 2
Prototipe Penelitian Meta Holocake 2
Sumber: Meta

Tujuan Meta adalah mengemas semua teknologi ini ke dalam perangkat baru yang “lebih ringan dan lebih tipis dari apa pun yang ada saat ini.” Holocake 2 adalah prototipe terbaru dari perusahaan, dan merupakan “perangkat eksperimental yang berfungsi” yang sudah mampu memainkan game PC VR. Ini menggunakan lensa holografik, dan sangat tipis dan low-profile. Itu membuat kami bertanya-tanya bagaimana perangkat ini dapat bekerja di bawah beban – meskipun kami menganggapnya saat ini mengandalkan kabel untuk tujuan penelitian hingga teknologi semakin maju.

Ada banyak hal yang dapat diambil dari prototipe baru ini, dan penting untuk diingat bahwa perlu beberapa tahun untuk melihat prototipe yang dapat mengecilkan semua teknologi unik dan menarik ini menjadi satu headset VR yang ringkas, tipis, dan ringan. Meta harus menyelesaikan banyak masalah, termasuk faktor bentuk, panas, daya, dan kualitas gambar, yang semuanya akan berkontribusi pada banyak tantangan.

Headset metaverse dan AR/VR sangat populer berkat anggaran iklan yang besar yang dikeluarkan perusahaan-perusahaan ini untuk meningkatkan teknologi dan miliaran lagi yang mereka tuangkan ke dalam R&D untuk meluncurkan platform VR. Kami mungkin akan mendengar lebih banyak tentang perangkat ini di masa depan karena Meta semakin dekat dengan tujuannya, dan kami juga mengharapkan Apple untuk merilis headset AR/VR sekitar awal tahun depan.

Pikiran saya tentang prototipe baru

Saya pikir itu menarik untuk melihat teknologi ini dalam prototipe kerja, dan bahkan lebih menarik untuk melihat konsep nyata dari visi Meta. Meskipun kami masih beberapa tahun lagi untuk melihat salah satu dari teknologi ini terwujud dalam satu headset kompak, itu memberi kami gambaran tentang apa yang diharapkan dalam waktu dekat, dan itu terlihat cerah – permainan kata-kata. Lensa dan tampilan VR akan lebih cerah dan lebih tajam, dan pelacakan mata akan membuka dunia baru, memungkinkan kita masuk ke ruang virtual dan mengalami sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Sebagai Siap Pemain Satu penggemar, saya sangat bersemangat untuk memainkan game favorit saya dengan headset yang ringan dan ringkas, dan saya tidak sabar untuk mengalami game simulasi tanpa mabuk perjalanan sepanjang waktu. Teknologi VR baru akan membuka tingkat industri hiburan yang sama sekali baru – yang sudah ada – dan saya menduga bahwa pendidikan dan industri desain juga akan mendapat manfaat dari kemajuan ini karena mereka akan memungkinkan pelatihan dan lingkungan kerja yang lebih mudah dan lebih mendalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *