Simak Tips Memilih Hosting yang Tepat Untuk WordPress!

Bagi Anda yang ingin mulai membuat blog dengan wordpress baik untuk kebutuhan usaha ataupun pribadi, perlu mengetahui bahwa tidak semua hosting cocok untuk blog wordpress. Makanya dalam pemilihan hosting, ada baiknya Anda perlu mempertimbangkan untuk bisa mendapatkan hosting terbaik yang bisa digunakan untuk wordpress.

Bagi yang ingin serius menekuni blog wordpress, akan sangat baik bila Anda memilih WordPress hosting yang nantinya memudahkan untuk akses blog lebih cepat. Apalagi jika nanti Anda sudah memiliki banyak pengunjung dan trafficnya tinggi. Simak berikut ini beberapa tips dalam pemilihan hosting untuk wordpress.

1. Fitur yang Tersedia

Pertama yang harus Anda lihat ketika ingin memilih hosting untuk WordPress adalah fitur yang diberikan. Pilih hosting dengan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk situs WordPress Anda. Anda wajib mengetahui dengan detail apa saja yang dibutuhkan untuk situs web, sehingga nantinya bisa menyesuaikan dengan hosting yang dibeli. Misalnya apakah Anda membutuhkan hosting yang menawarkan layanan migrasi, apakah membutuhkan hosting untuk lebih dari satu situs wordpress, apakah membutuhkan dukungan HTTPS atau SSL dan masih banyak lagi.

Selain itu, penting juga mengetahui apakah ada layanan extra back up service gratis atau berbayar bisakah memanfaatkan domain gratis dan lain-lain. Semakin banyak fitur bermanfaat untuk WordPress, semakin bagus pula untuk kemudahan Anda dalam menggunakan website nantinya. Apalagi jika Anda memanfaatkan web WordPress untuk kebutuhan bisnis.

2. Performa Hosting

Jika Anda pemula, mungkin belum terlalu mementingkan performa dari hosting yang dibeli. Namun ketika Anda sudah punya banyak pengunjung dan trafik dari bloknya naik, maka performa dari website sendiri harus benar-benar baik.

Setidaknya hosting WordPress tersebut menjamin up time, bandwidth, server yang cepat dan juga ruang disk yang bisa digunakan untuk kebutuhan website. Biasanya rata-rata layanan hosting menyediakan performa yang baik, namun jika bisa memilih hosting terbaik mengapa tidak.

3. Jenis Hosting

Perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis hosting yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Yang pertama ada shared hosting. Hosting jenis ini adalah hosting yang paling terjangkau bagi Anda yang memiliki modal sedikit dan pemula. Dari namanya saja sudah jelas bahwa Anda menggunakan hosting bersamaan dengan beberapa akun pengguna sehingga harus berbagi sumber daya server.

Selanjutnya ada dedicated hosting, dimana Anda adalah pemilik seluruh server sehingga tidak akan berbagi sumber daya server. Namun jika Anda belum mengetahui management server, maka akan sulit menggunakan dedicated server karena harus melakukan pengelolaan server sendirian. Kemudian ada VPS hosting dimana merupakan gabungan antara shared hosting dan dedicated hosting. VPS hosting ini menawarkan server virtual yang tidak akan dibagi dengan pengguna lain.

Lalu yang terakhir ada cloud hosting, di mana hosting ini tidak memiliki mesin fisik. Cloud hosting adalah solusi yang handal karena bisa Anda gunakan sesuai pemakaian dan Anda hanya butuh membayar sumber daya yang dikonsumsi selama siklus faktur. Tetapi jika kehabisan sumber daya Anda bisa meningkatkan sumber daya server secara instan.

Itu tadi beberapa tips dalam pemilihan hosting terbaik untuk wordpress. Jadi hosting manapun yang Anda pilih, semuanya bagus tergantung dari kebutuhan dan kemampuan Anda dalam pengelolaan hosting tersebut apalagi bagi pemula. Bagi yang sedang mencari layanan hosting terbaik dengan harga terjangkau dan banyak paket pilihan hosting yang bisa disesuaikan kebutuhan maka bisa memilihnya dari IDwebhost. Layanan hosting satu ini memberikan banyak fitur salah satunya gratis domain + SSL selamanya dengan diskon langsung sebanyak 50%. Untuk pilihan hosting sendiri sangat terjangkau, mulai dari angka 10 ribuan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *