5 layanan cloud gaming alternatif teratas

Dalam langkah yang mengejutkan, Google kemarin mengumumkan bahwa layanan cloud gaming-nya, Google Stadia, akan ditutup pada 18 Januari 2023. Eksekutif perusahaan itu mengakui bahwa meskipun Stadia dibangun di atas fondasi teknologi yang kuat, ia gagal mendapatkan daya tarik dari pasar. pengguna, dan telah membuat keputusan sulit untuk “mulai menghentikan layanan streaming Stadia kami.” Sementara pengguna dibuat frustrasi dengan keputusan tersebut, Google mengatakan bahwa mereka akan mengembalikan semua pembelian yang dilakukan melalui Google Store pada pertengahan Januari tahun depan.

VIDEO POCKETNOW HARI INI

Tapi, bagi banyak dari kita gamer kasual, Stadia adalah media game utama, dan sekarang kita semua telah ditinggalkan dalam limbo. Kabar baiknya adalah ada beberapa layanan cloud gaming di pasaran yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Berikut adalah 5 alternatif Google Stadia teratas yang perlu Anda ketahui:


Xbox Cloud Gaming

Dalam hal cloud gaming, Microsoft telah memantapkan dirinya sebagai pemimpin di bidang ini. Perusahaan ini pertama kali merilis pratinjau layanan game Project xCloud pada tahun 2019 dan secara resmi meluncurkan Xbox Cloud Gaming pada musim gugur 2020. Microsoft sepenuhnya mendukung game cloud, dan setiap hari, ia terus meningkatkan layanan.

Xbox Cloud Gaming dibundel sebagai bagian dari Xbox Game Pass Ultimate — Microsoft tidak menawarkan cloud gaming-nya sebagai layanan mandiri. Semua game yang merupakan bagian dari perpustakaan Xbox Game Pass Microsoft dapat dimainkan melalui cloud, dan pelanggan memiliki akses instan ke beberapa game paling populer di pasar. Pustaka game ini mencakup judul AAA seperti Halo Infinite, Forza Horizon 5, Skyrim, Battlefield V, dan banyak lagi. Ini juga menawarkan game cloud seluler di mana Anda memiliki akses ke kontrol sentuh pada judul tertentu.

Dan tidak hanya di cloud, tetapi Anda juga dapat bermain game saat bepergian, tetapi Anda juga dapat menikmatinya di konsol game atau PC Windows. Ini adalah solusi hybrid yang sempurna jika Anda ingin bermain game di rumah di konsol dan di kereta bawah tanah saat bepergian untuk bekerja. Microsoft Xbox Game Pass Ultimate berharga $15 per bulan atau $40 selama tiga bulan.

Xbox Game Pass Ultimate
Xbox Game Pass PBI

Microsoft Xbox Game Pass tidak hanya memungkinkan Anda bermain game di cloud, tetapi juga menggabungkan game untuk konsol, PC, dan bahkan keanggotaan EA Play, semuanya dengan harga murah. Layanan ini memberi Anda akses ke game seperti Starfield dan Halo, ditambah game indie, blockbuster AAA, dan banyak lagi saat bepergian. Lihat semua penawaran di bawah ini.

NVIDIA GeForce Sekarang

GeForce Now dari NVIDIA menawarkan salah satu pengalaman terbaik dalam hal cloud gaming. Tidak hanya ada opsi tingkat gratis, tetapi Anda juga dapat memainkan game Anda sendiri di GeForce Now selain perpustakaan game layanan. Ini mendukung layanan seperti Steam, Epic Games Store, Ubisoft Connect, dan banyak lagi. Namun, penting untuk dicatat bahwa tidak semua game dalam katalog ini kompatibel dengan GeForce Now.

Tingkat gratis memungkinkan Anda merasakan layanan selama satu jam setiap kali dan merupakan titik awal yang sangat baik bagi mereka yang baru mengenal PC atau cloud gaming. Tingkat berbayar mulai dari $10 per bulan, yang memberi Anda akses ke GPU RTX, yang memungkinkan Anda bermain game pada 1080p 60fps hingga enam jam sekaligus. Tingkat bayaran tertinggi berharga $20 per bulan, tetapi memberi Anda akses ke GPU RTX 3080 perusahaan yang paling kuat dan memungkinkan Anda bermain game pada 4K 120fps hingga delapan jam sekaligus.

Amazon Luna

Jika Anda anggota Amazon Prime, layanan game cloud Luna perusahaan mungkin yang terbaik untuk Anda. Anggota utama mendapatkan rotasi permainan gratis, termasuk Far Cry 4, Lumines: Remastered, dan Moving Out. Meskipun layanan ini menawarkan banyak judul pemenang penghargaan, permainannya dibagi di antara paket yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus melihat beberapa bundel untuk melihat mana yang menawarkan nilai terbaik untuk Anda.

Jika Anda tidak suka membeli bundel game, Luna juga menawarkan banyak game keluarga gratis untuk dimainkan, klasik retro, dan bahkan game terbaru dari Ubisoft. Salah satu keunggulan Amazon Luna adalah Anda dapat mengakses layanan di hampir semua perangkat Anda, termasuk PC, Mac, Fire TV, tablet Fire, Chromebook, iOS, dan Android. Meskipun Anda dapat bermain game menggunakan pengontrol PlayStation dan Xbox, perusahaan menjualnya sendiri yang membantu mengurangi kelambatan input.

Pengontrol Permainan Amazon Luna
amazon-luna-gaming-controller

Pengontrol game berkinerja tinggi, dibuat untuk bermain game di layanan cloud gaming Amazon, Amazon Luna.

Playstation Plus

Berikutnya dalam daftar kami adalah layanan Sony PlayStation Plus. Awal tahun ini, Sony mengubah tingkatan PlayStation dan membawa layanan PlayStation Now di bawah payung PlayStation Plus. Dengan menggunakan layanan cloud gaming Sony, Anda dapat memainkan berbagai judul PlayStation klasik, termasuk Devil May Cry 4, Fallout: New Vegas, God of War HD, inFAMOUS 2, Ninja Gaiden 3, dan banyak lagi.

Namun, ada beberapa batasan layanan. Pertama, Anda hanya dapat mengakses PlayStation Plus di PS4, PS5, atau PC. Perusahaan tidak mendukung Android, iOS, atau Mac saat ini, tetapi beberapa rumor beredar bahwa perusahaan mungkin menambahkan dukungan untuk perangkat seluler tahun depan.

Selain itu, streaming game cloud hanya dapat diakses melalui tingkat Premium PlayStation Plus, yang berharga $18 per bulan. Jadi, jika Anda mencari alternatif Google Stadia yang lebih murah, Anda mungkin perlu mencoba opsi lain yang disebutkan dalam artikel ini.

Bayangan

Jika Anda ingin membawa pengalaman gaming cloud Anda ke level berikutnya, Shadow adalah layanan terbaik yang dapat Anda pilih. Alih-alih memberi Anda akses ke kumpulan sumber daya bersama, Shadow memberi Anda PC cloud lengkap tempat Anda dapat memainkan game kelas atas, mengedit video, atau melakukan tindakan pada lembar bentang Excel. Karena setiap pengguna memiliki PC mereka sendiri, Shadow mampu memberikan pengalaman yang lebih lancar tanpa mengalami kinerja streaming game yang buruk selama jam sibuk, yang merupakan masalah umum dengan opsi lain.

Semua ini tidak murah, meskipun. Langganan mulai dari $30 per bulan, dengan paket Power, yang menambahkan dukungan 4K dan penelusuran sinar yang dipercepat perangkat keras, dapat menghabiskan biaya hingga $45 per bulan. Keuntungan lain menggunakan Shadow adalah Anda dapat menggunakannya di hampir semua perangkat, termasuk perangkat Windows, Mac, Chrome, Android, iOS, dan bahkan Quest VR. Meskipun layanan ini tampaknya cukup mahal, ini adalah pilihan yang baik bagi mereka yang tidak ingin menghabiskan $1.000 untuk PC gaming.


Ini adalah beberapa alternatif Google Stadia terbaik yang tersedia di luar sana. Apakah Anda mengetahui layanan yang tidak kami sebutkan? Layanan cloud gaming mana yang akan Anda coba? Berikan komentar di bawah dan beri tahu kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *