Apa itu pengisian baterai yang dioptimalkan dan mengapa Anda harus tetap mengaktifkannya di perangkat Anda

Baterai Lithium-ion yang dapat diisi ulang adalah bahan bakar fosil abad ke-21. Kami menggunakan baterai ini tidak hanya untuk memberi daya pada smartphone (dan semua gadget kami) tetapi juga kendaraan listrik modern. Namun, mempertahankan baterai lithium-ion tetap menantang. Baterai jenis ini aus seiring waktu, yang dapat memengaruhi kemampuannya untuk menahan daya. Oleh karena itu, menjaga baterai pada 100% sepanjang waktu dapat menyebabkannya lebih cepat rusak.


Selain itu, seiring dengan berkembangnya kebutuhan modern, konsumen ingin baterai mereka terisi daya setiap saat. Meskipun ini tidak mungkin di dunia nyata, OEM mengirimkan smartphone mereka dengan fitur pengisian cepat, yang dapat merusak baterai smartphone lebih cepat. Jadi, untuk meniadakan efek ini, sebagian besar OEM mengirimkan ponsel cerdas mereka dengan fitur yang disebut Pengisian Baterai yang Dioptimalkan. Tapi apa sebenarnya pengisian yang dioptimalkan? Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

VIDEO POCKETNOW HARI INI

Apa itu Pengisian Baterai yang Dioptimalkan, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Pengisian baterai yang dioptimalkan adalah fitur yang menjaga kesehatan baterai dan mencegah penuaan kimiawi pada baterai ponsel cerdas Anda. Tapi mengapa mencegah penuaan yang lebih baik itu penting? Nah, untuk menjawab ini secara sederhana, baterai yang lemah tidak dapat menahan muatan dengan benar, sehingga mengurangi masa pakai baterai. Ini juga memengaruhi kinerja keseluruhan ponsel cerdas Anda.

Berbagai faktor memengaruhi seberapa cepat usia baterai, seperti pola pengisian daya, suhu di sekitarnya, dan usia fisiknya. Salah satu faktor yang paling merusak baterai adalah pengisian daya semalaman atau sekadar menjaga ponsel tetap terhubung ke pengisi daya meskipun sudah terisi penuh.

Jadi, sebagian besar OEM telah mengembangkan fitur pengisian daya yang dioptimalkan untuk ponsel cerdas mereka. Fitur ini memastikan baterai tidak cepat habis dan mengisi daya dengan cara yang sangat aman.

Ini menggunakan pembelajaran mesin untuk menentukan bagaimana Anda menggunakan ponsel cerdas Anda. Ini termasuk penggunaan aktif, waktu idle, dan waktu pengisian daya. Kemudian, ketika ponsel Anda tahu kapan akan tetap terhubung ke pengisian daya untuk jangka waktu yang lama (misalnya, pengisian daya semalaman), ia akan menunda pengisian daya hingga melewati 80%. Pengisian daya kemudian diaktifkan sebelum Anda melepas ponsel dari pengisi daya, sehingga Anda mendapatkan ponsel yang terisi penuh.

Fitur ini bekerja dengan baik dalam semalam, terutama jika Anda memiliki kebiasaan tidur yang teratur. Terlepas dari kenyataan bahwa Anda membuat iPhone Anda sengaja mengisi daya lebih lambat, itu terbukti bermanfaat dalam jangka panjang. Inilah cara Anda dapat mengaktifkan pengisian daya yang dioptimalkan pada iPhone, ponsel cerdas Android, MacBook, dan bahkan perangkat Windows:

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan di iPhone

Pengisian Baterai yang Dioptimalkan diaktifkan secara default di semua iPhone (menjalankan iOS 13 atau lebih tinggi). Untuk berjaga-jaga jika Anda ingin memeriksa ulang, inilah cara Anda dapat mengaktifkan (atau menonaktifkan) fitur di iPhone Anda:

  • Membuka Pengaturan dan pergi ke Baterai bagian.
  • Pada layar yang muncul, ketuk Kesehatan & Pengisian Baterai tombol.
  • Sekarang Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan fitur.

Jika Pengisian Baterai yang Dioptimalkan dihidupkan dan Anda mengisi daya iPhone untuk waktu yang lama, sistem akan mengirimi Anda pemberitahuan yang akan memberi petunjuk kapan pengisian daya ponsel Anda akan selesai. Jika Anda ingin mematikan fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan pada saat itu, ketuk dan tahan notifikasi, lalu ketuk Isi Daya Sekarang. Pengisian daya ponsel akan berlanjut secara normal setelah mencapai 80% alih-alih berhenti.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Pengisian Baterai Adaptif di Google Pixel, Samsung Galaxy, dan Smartphone Android lainnya

Inilah cara Anda dapat mengaktifkan pengisian daya baterai yang dioptimalkan di berbagai ponsel cerdas Android, termasuk ponsel cerdas Google Pixel, Samsung Galaxy, dan OnePlus:

Di Perangkat Google Pixel (Pixel 4 atau lebih baru)

  • Untuk mengaktifkan pengisian daya baterai adaptif di ponsel cerdas Google Pixel, buka Pengaturan aplikasi.
  • Pergi ke Baterai bagian dan kemudian klik Preferensi adaptif.
  • Pada layar berikutnya yang muncul, aktifkan Pengisian adaptif beralih Google mencatat bahwa ketika fitur ini diaktifkan, masa pakai baterai perangkat Pixel Anda dapat meningkat karena ponsel akan terus mengisi daya selama periode pengisian yang lebih lama.

Pada Smartphone Samsung Galaxy

Meskipun Samsung tidak menawarkan fitur pengisian daya yang dioptimalkan pada perangkatnya, Anda dapat membatasi pengisian daya perangkat hingga 85% untuk melindungi kesehatan ponsel cerdas Galaxy Anda.

  • Buka Pengaturan aplikasi dan pergi ke Baterai dan Perawatan Perangkat bagian.
  • Di layar berikutnya, pilih Baterai → Lebih Banyak Pengaturan Baterai.
  • Sekarang, Anda dapat mengaktifkan pengaturan Baterai Adaptif yang membatasi proses latar belakang dan memperpanjang masa pakai baterai berdasarkan penggunaan ponsel Anda dan mengaktifkan sakelar Lindungi baterai, yang membatasi pengisian daya perangkat Anda hingga 85% untuk melindungi kesehatannya.

Di Perangkat OnePlus

OnePlus juga menawarkan fitur pengisian daya malam yang dioptimalkan pada perangkatnya. Selain itu, Anda dapat meningkatkan kesehatan baterai dengan mengoptimalkan waktu siaga tidur dan masing-masing aplikasi. Inilah cara Anda dapat melakukannya:

  • Pergi ke Pengaturan aplikasi dan ketuk Baterai pilihan.
  • Di layar berikutnya, ketuk Lebih Banyak Pengaturan Baterai.
  • Sekarang, aktifkan Pengisian Malam yang Dioptimalkan dan Optimasi Siaga Tidur pilihan. Selain itu, Anda dapat mengontrol konsumsi baterai aplikasi dengan mengetuk Optimalkan Penggunaan Baterai pilihan.

Di Smartphone Android Lainnya

Jika merek smartphone Anda tidak tercantum di atas, jangan khawatir. Banyak pembuat smartphone Android lainnya, seperti HONOR, HUAWEI, dan Realme, menawarkan pengaturan serupa pada perangkat mereka untuk mengaktifkan/menonaktifkan pengisian daya baterai yang dioptimalkan. Cari opsi serupa di pengaturan Baterai ponsel cerdas Anda.

Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan pada ponsel cerdas Anda, beri tahu kami di bagian komentar di bawah, dan kami akan dengan senang hati membantu. Atau, Anda dapat mencoba menginstal aplikasi serupa dari Google Play Store, seperti Super Charging Pro, untuk memantau kecepatan pengisian daya dan diberi tahu saat perangkat Anda diisi dayanya.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan di Mac

Sama seperti iPhone, Apple juga menawarkan fitur Pengisian Baterai yang Dioptimalkan di macOS. Di macOS Ventura (atau lebih baru), Anda dapat mengaktifkan opsi dengan masuk ke Pengaturan Sistem → Baterai → dan kemudian centang atau hapus centang pada kotak Pengisian baterai yang dioptimalkan untuk mengaktifkan/menonaktifkan fitur tersebut.

Di macOS Monterey (atau versi lebih lama), Anda dapat mengaktifkan/menonaktifkan fitur tersebut dengan membuka Preferensi Sistem → Baterai → Pengisian baterai yang dioptimalkan. Untuk memastikan baterai Mac Anda berfungsi dengan baik, Anda juga harus mengaktifkan Kelola umur panjang baterai kotak centang terkubur di bawah bagian Kesehatan Baterai di bagian bawah.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Pengisian Baterai Cerdas di Laptop dan Perangkat Windows

Semua perangkat Windows dan laptop mendukung fitur pengisian daya adaptif yang disebut Pengisian Baterai Cerdas. Microsoft mengatakan bahwa ketika fitur Pengisian Baterai Cerdas diaktifkan, tingkat baterai perangkat Windows Anda “akan diatur ke tingkat yang lebih rendah yang lebih baik untuk baterai secara keseluruhan.” Ini berarti laptop Anda mungkin tidak terisi daya hingga 100%, tetapi akan terisi daya hingga titik tertentu (kurang dari 100%) yang membantu menjaga baterai Anda lebih sehat dalam jangka panjang.

Meskipun fitur tersebut tidak dapat diaktifkan secara manual, Microsoft mengatakan bahwa perangkat Anda akan secara otomatis menentukan kapan harus ‘muatan pintar’. Saat perangkat Windows Anda memulai pengisian daya cerdas, Anda akan melihat ikon hati di ikon Baterai di sisi kanan bilah tugas dan di pengaturan Daya & baterai.


Pengisian daya baterai yang dioptimalkan adalah fitur yang layak untuk terus dihidupkan untuk perangkat Anda. Selain menjaga baterai Anda tetap sehat, ini juga akan menghemat uang untuk penggantian baterai atau perangkat baru. Pastikan Anda mengaktifkan Pengisian Baterai yang Dioptimalkan di semua perangkat Anda hari ini.

  • iPhone 14 Pro
    PBI-iPhone-14-Pro-Gold-1

    iPhone 14 Pro merupakan smartphone premium terbaru dari brand tersebut. Ini fitur takik ‘Pulau Dinamis’ berbentuk pil baru, sensor kamera utama 48MP, chipset A16 Bionic, dan banyak lagi. Lihat semua penawaran di perangkat menggunakan tautan yang diberikan di bawah ini.

  • Samsung Galaxy Z Lipat 4
    PBI Samsung Galaxy Z Lipat 4

    Samsung Galaxy Z Fold 4 terbaru hadir dengan SoC Qualcomm yang paling kuat, layar yang lebih lebar, mekanisme engsel yang lebih baik, dan banyak peningkatan signifikan dari pendahulunya.

  • Google Pixel 6 Pro
    Google Pixel 6 dalam Jenis Karang

    Google Pixel 6 Pro adalah penawaran tingkat unggulan pertama dari Google setelah menghabiskan satu tahun dengan perangkat kelas menengah. Ini menampilkan layar 120Hz 1440p dan sistem tiga kamera dengan optik baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *