Tips Memulai Investasi di Platform Investasi P2P Lending

Saat ini ada banyak jenis investasi yang ada di Indonesia, mulai dari yang bermodal rendah hingga tinggi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satunya yaitu Investasi P2P lending yang tergolong instrumen investasi baru di Indonesia. kehadirannya kini menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin berinvestasi. Dan hingga kini sudah banyak masyarakat yang mulai tertarik mencoba menanamkan dana mereka dalam investasi P2P Lending.

Mungkin ada yang masih asing dengan investasi ini, namun potensi keuntungan yang didapatkan cukup besar. Tentunya jika kamu berinvestasi dalam situs P2P lending, kamu harus bisa memilih investasi mana yang cocok untuk dilakukan sesuai dengan modal dan profil resiko yang kamu miliki. Jika kamu masih pemula dan bingung dalam memilih, mungkin tips di bawah ini bisa membantu.

Mengenal P2P Lending

Sebelum membahas lebih lanjut, penting untuk mengetahui apa itu Peer to Peer Lending. Situs P2P merupakan platform yang menjadi tempat yang mempertemukan antara investor (pemilik modal) dan pihak yang membutuhkan modal. Situs ini akan membantu investor yang memiliki dana untuk menemukan instrumen investasi yang dapat memberikan keuntungan sesuai yang diharapkan.

Sedangkan dari sisi calon peminjam, situs ini akan membantu calon peminjam yang kesulitan meminjam dana dari bank maupun perusahaan keuangan. jadi, bisa disimpulkan jika platform P2P ini akan mempertemukan investor dan calon peminjam dalam transaksi peminjaman secara online.

Cara Kerja Dalam Investasi P2P Lending

Sebelum investasi P2P lending, tentunya sebagai investor harus memahami tentang cara kerja dalam investasi ini. sebagai investor, nantinya kamu akan mendapatkan akses mengecek serta menelusuri data-data pihak yang mengajukan pinjaman pada akun yang sudah disediakan. Kamu bisa mendapatkan data dari para debitur yang akan mendapatkan pinjaman dari anda mulai dari pendapatan, riwayat keuangan, tujuan pinjaman, serta data lainnya.

Jadi nantinya ini akan memudahkan kamu untuk menginvestasikan kemanakah dana yang dimiliki dalam platform investasi ini. Pihak debitur yang mendapatkan pinjaman dana tersebut nantinya akan mencicil pinjaman yang diberikan setiap bulannya. Sebagai investor, kamu nantinya bisa mendapatkan keuntungan dari dana pokok beserta bunga pinjaman yang diberikan.

Memilih Jenis Investasi Yang Cocok Dalam Situs Investasi P2P lending

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada banyak jenis pinjaman yang bisa diberikan dalam situs investasi P2P lending. mulai dari pinjaman pendidikan, properti, bisnis, dan masih banyak lainnya. Namun bagi investor pemula, mungkin masih bingung menentukan jenis investasi mana yang cocok. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam menentukan pilihan investasi terbaik

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan, ini sangat penting mengingat kamu harus menyesuaikan pilihan investasi di situs Peer to Peer Lending dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki. Misalnya saja kamu ingin menginvestasikan dana dalam pinjaman properti, tentunya modal yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Kamu harus memiliki penghasilan dengan jumlah relatif besar setiap bulannya. Selain itu jangan lupa menyesuaikan dengan jangka waktu tenor peminjaman
  • Akan lebih baik untuk memilih jenis investasi yang variatif. Dalam situs P2P lending, biasanya ada 4 jenis pinjaman yang ditawarkan yaitu untuk tujuan pribadi, bisnis, properti, maupun pendidikan. Akan lebih baik untuk tidak menanamkan modal di satu investasi yang sama. Ini akan mengurangi resiko saat terjadi kerugian di salah satunya.
  • Pertimbangkan berapa besar keuntungan yang ditawarkan dan biayanya. Dari investasi P2P lending, kamu bisa mendapatkan bunga hasil yang nantinya menjadi pendapatan setiap bulan. Selain tingkat bunga, penting juga memperhatikan biaya administrasi yang nantinya dibebankan kepada investor. Semakin rendah, tentunya ini akan semakin menguntungkan bagi investor.

Meskipun memiliki tingkat keuntungan cukup besar, tetap saja resiko berinvestasi P2P lending juga cukup tinggi. Karena itulah perlu pertimbangan dan strategi yang matang dalam memilih jenis investasi sehingga bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Tertarik berinvestasi P2P lending? Amartha dapat menjadi pilihannya. Berdiri sejak tahun 2010, investasi uang terbaik Amartha adalah microfinance yang menjadi penghubung antara pelaku usaha mikro dengan pemodal atau investor. Jenis investasi yang ditawarkannya adalah peer to peer lending (P2P).

Jika berinvestasi di Amartha, kamu berkesempatan untuk mendapatkan imbal hasil hingga 15% per tahun. Selain itu, investor juga bisa mendapatkan cashflow mingguan dan pembayaran angsuran yang bisa kamu ambil kapan saja.

P2P lending dari Amartha ini telah memberikan dampak sosial yang positif bagi seluruh lapisan masyarakat. Konsep investasinya mampu menciptakan kesejahteraan yang merata di Indonesia. Hingga saat ini, ratusan ribu pengusaha mikro sudah diberdayakan oleh Amartha. Bahkan tercatat dari tahun 2010 hingga saat ini, Amartha sudah berhasil menyalurkan dana hingga Rp4,98 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *