OxygenOS 13: Semua fitur baru dan perangkat yang didukung

OksigenOS 13 Sumber: OnePlus

Pada acara 3 Agustus, OnePlus secara resmi meluncurkan smartphone andalan terbarunya, OnePlus 10T. Bersamaan dengan perangkat Android baru, perusahaan juga memamerkan perangkat lunak berbasis Android 13 yang akan datang — OxygenOS 13. Versi OxygenOS baru hadir dengan desain baru dan banyak fitur. Dalam artikel ini, kami membahas peluncuran fitur baru dengan OxygenOS 13, perangkat yang didukung, dan tanggal rilis perangkat lunak.

OxygenOS 13: Fitur Baru

OxygenOS bukan lagi stok kulit Android yang dulu pernah kita sukai. Sebagai gantinya, inti dari OS sekarang telah sepenuhnya bergeser ke ColorOS, yang berarti perangkat lunak sekarang sangat dikuliti dengan bahasa desain baru dan banyak fitur. Namun, OnePlus mengatakan bahwa itu tidak akan menyimpang dari “filosofi produk inti,” dan OxygenOS 13 akan menawarkan “pengalaman yang cepat, mulus, dan tanpa beban” seperti versi sebelumnya. Berikut adalah semua fitur baru OxygenOS 13:

VIDEO POCKETNOW HARI INI

Desain akuamorfik

Oksigen OS 13 desain aquamorphic Sumber: OnePlus

Dimulai dengan desain, OnePlus telah memberikan OxygenOS tampilan baru yang disebut ‘desain Aquamorphic.’ Perusahaan mengatakan desain baru OxygenOS 13 terinspirasi oleh unsur-unsur alami, seperti air, maka istilah “aqua.” Ini menawarkan tepi yang lembut dan bulat di seluruh UI untuk pengalaman menonton yang lebih “menenangkan” dan menyenangkan.

OxygenOS 13 akan lebih cerah di pagi hari dan transisi “cerdas” ke estetika yang lebih gelap di malam hari sebagai bagian dari pendekatan “menenangkan” untuk Android. Selain itu, beberapa aplikasi telah didesain ulang, dan ada juga font baru. Perusahaan juga menambahkan bahwa mereka telah bekerja untuk meningkatkan stabilitas perangkat lunak, dan OxygenOS 13 harus dapat memberikan pengalaman yang mulus, stabil, dan konsisten.

Pembaruan AOD

Fitur OxygenOS 13 Sumber: OnePlus

Sebagian besar smartphone OnePlus mendukung fitur yang disebut always-on display (AOD). Fitur ini menampilkan informasi terbatas saat ponsel terkunci. Pengguna dapat dengan mudah melihat waktu, notifikasi terbaru, level baterai, dan banyak lagi. Dengan OxygenOS 13, mode AOD mendapatkan peningkatan besar.

OnePlus telah bermitra dengan Spotify untuk menghadirkan widget khusus ke mode AOD yang memungkinkan Anda melihat lagu yang sedang diputar, mengontrol pemutaran, menyukai lagu, dan melakukan lebih banyak lagi tanpa harus membuka kunci ponsel. Di beberapa wilayah, seperti India, mode AOD baru juga akan dapat menampilkan informasi dari aplikasi pengiriman makanan, yang akan menampilkan peta dengan data pelacakan langsung dan info lainnya, sementara ponsel tetap terkunci.

Pasangan Cepat dan Audio Spasial

OxygenOS 13 juga menghadirkan sejumlah fitur terkait audio. OnePlus telah menambahkan dukungan untuk output audio multi-arah, yang disebut Audio Spasial, dan Dolby Atmos di OxygenOS 13. Perusahaan juga menambahkan dukungan untuk Fast Pair, fitur yang memungkinkan Anda menghubungkan ponsel cerdas Anda dengan earbud nirkabel dan produk lain yang didukung dengan cepat. . Ada juga mode Audio Switch yang membuat peralihan antar sumber menjadi mudah. Khususnya, fitur ini hanya akan tersedia pada perangkat yang memiliki perangkat keras yang diperlukan.

Fitur Produktivitas

Fitur Produktivitas OxygenOS 13 Sumber: OnePlus

OnePlus mengatakan bahwa OxygenOS 13 memiliki beberapa fitur produktivitas yang sederhanakan alur kerja Anda. Pertama-tama, perangkat lunak baru ini hadir dengan peluncur pintar yang memungkinkan pengguna mengakses aplikasi di dalam folder tanpa benar-benar harus membukanya. Ini juga mencakup fitur widget yang diperluas yang memungkinkan Anda melihat lebih banyak konten hanya dengan melakukan tindakan tekan lama.

Selain itu, OnePlus juga membawa fitur sidebar ColorOS ke OxygenOS 13. Pengguna dapat menyematkan aplikasi dan pintasan pra-instal (seperti pintasan untuk tangkapan layar, perekaman layar, dll.) di menu bilah sisi untuk mengaksesnya dengan cepat. Ada juga mode jendela mini baru yang membuka aplikasi di atas aplikasi lain di jendela mengambang. Secara keseluruhan, OxygenOS 13 menghadirkan beberapa cara baru untuk mengakses dan menggunakan aplikasi.

Berbagi Terdekat

Fitur OxygenOS 13 Sumber: OnePlus

OxygenOS 13 juga menggabungkan dua fitur Android 13 yang paling disukai — Berbagi Terdekat dan Streaming Aplikasi. Nearby Share, yang juga tersedia di versi Android sebelumnya, memungkinkan Anda mentransfer foto, video, file, dan file lainnya secara nirkabel dari perangkat Android dan Windows dalam sekejap. Streaming aplikasi, di sisi lain, memungkinkan Anda mentransmisikan konten layar ponsel cerdas Anda ke perangkat ChromeOS terdekat.

Keamanan yang Ditingkatkan

OxygenOS 13 juga hadir dengan beberapa fitur keamanan. OS sekarang akan memperingatkan pengguna ketika mereka mengunduh aplikasi atau file berisiko di ponsel cerdas mereka. Sebuah fitur baru melindungi informasi lokasi Anda saat Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi publik dan sistem operasi, secara umum, memberi Anda kontrol lebih besar atas data yang Anda bagikan.

Private Safe telah ditingkatkan ke versi 2.0 dan sekarang mendukung enkripsi data AES. Bagi mereka yang tidak sadar, Private Safe adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci file sensitif, foto, video, dan data lain di balik kode sandi. Versi baru membawa protokol keamanan yang lebih ketat dari sebelumnya.

OxygenOS 13: Perangkat yang Didukung

Kamera OnePlus 10 Pro Sumber: YouTube

Berikut adalah daftar semua perangkat yang akan menerima Oxygen OS 13 dalam waktu dekat:

  • OnePlus 10 Pro
  • OnePlus 10T
  • OnePlus 10R
  • OnePlus 9RT
  • OnePlus 9R
  • OnePlus 9 Pro
  • OnePlus 9
  • OnePlus 8T
  • OnePlus 8 Pro
  • OnePlus 8
  • OnePlus Nord 2
  • OnePlus Nord 2T
  • OnePlus Nord CE
  • OnePlus Nord CE 2
  • OnePlus Nord CE 2 Lite

Anehnya, OnePlus Nord N20, yang diluncurkan di AS awal tahun ini, tidak masuk dalam daftar perangkat yang kompatibel dengan OxygenOS 13. Kelalaian besar lainnya adalah OnePlus Nord N200 tahun lalu. Untungnya, model Nord terbaru akan diperbarui ke OxygenOS 13, meskipun sekitar tahun 2023.

Tanggal rilis

OnePlus belum memberikan tanggal pasti untuk rilis OxygenOS 13 tetapi memastikan bahwa perangkat lunak akan tersedia di OnePlus 10 Pro sekitar Q4 2022. Versi Open Beta akan tersedia untuk diunduh sebelum akhir minggu ini, dengan build stabil akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang. Mengikuti 10 Pro, smartphone terbaru OnePlus, 10T, akan diperbarui ke OxygenOS 13.

Model OnePlus lainnya, termasuk seri OnePlus 9 tahun lalu, akan menerima pembaruan pada paruh pertama tahun depan. Apa pendapat Anda tentang OxygenOS 13? Apakah Anda menyukai fitur-fitur baru? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *